PKBM

Sebagai bagian dari pelaksana Pendidikan Kesetaraan kami melaksanakan PKBM sebagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Peseta didik PAUD BUNDA yang berada di bawah naungan Yayasan Lentera Nusantara Raya, mereka belajar membaca, menulis dan berhitung serta belajar keterampilan bernyanyi dan menari.


Konsep pendidikan belajar sepanjang hayat (Life Long Education). Dari mulai semejak dilahirkan ..terus masa usia anak kecil dan sampai tutup usia..

اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ
”Tuntutlah ilmu oleh kalian mulai sejak di buaian hingga liang lahat”.

Dalam kenyataan kehidupan sehari-hari dari dahulu sudah dapat dilihat bahwa pada hakikatnya orang belajar sepanjang hidup, meskipun dengan cara yang berbeda dan melalui proses yang tidak sama. Jelasnya tidak ada batas usia yang menunjukan tidak mungkinnya dan tidak dapatnya orang belajar. Jika seorang petani yang sudah tua berusaha mencari tahu mengenai cara-cara baru dalam bercocok tanam, pemberantasan hama, dan pemasaran hasil yang lebih menguntungkan, itu adalah pertanda bahwa belajar itu tidak dibatasi usia.


Dorongan belajar sepanjang hayat itu terjadi karena dirasakan sebagai kebutuhan. Setiap orang merasa butuh untuk mempertahankan hidup dan kehidupannya dalam menghadapi dorongan-dorongan dari dalam dan tantangan alam sekitar, yang selalu berubah. Sepanjang hidup manusia memang tidak pernah berada di dalam suatu vakum. Mereka dituntut untuk mampu menyesuaikan diri secara aktif, dinamis, kreatif, dan inovatif terhadap diri dan kemajuan zaman. Hasil daripada pendidikan yang didapatkan seseorang itu dapat kita analogikan dengan sebuah gunung es.

Scroll to Top